Jumat, 31 Desember 2021

Mental Health, Jangan Diabaikan!

Hai semuanya... udah lama banget nih aku ga nge blog lagi... 

akhir-akhir ini aku tuh kaya merasa ada yg ga enak aja sama psikis aku. Sebenernya topic about mental health is very sensitive right? but aku cuma mau cerita sedikit aja sama kalian, gimana keadaan aku sekarang. 



Mental health tuh masih dianggap tabu banget di kalangan masyarakat, banyak banget yang menganggap bahwa seseorang yang kaya gitu tuh gila lah, stress lah, padahal kan ngga gitu loh, mereka itu hanya butuh didengarkan, dibimbing, didukung, bukan ditambah lagi beban mereka dan semakin bertambah parah. Jujur aku tuh kaya ngalamin hal yang ga enak banget di pikiran aku akhir-akhir ini, aku jadi mudah sedih, mudah tersinggung, overthinking, cemas yang tanpa sebab, dan perasaan was-was and I choose that I never believe to people again, It's crazy!. 

Okeyy, kadar stress orang tuh beda-beda, kadar kemampuan orang tuh beda-beda. Ada orang yang sebenernya terlihat baik-baik aja tapi padahal hatinya hancur dan dia itu udah terperosok ke dalam jurang yang dalam. Kebanyakan orang-orang yang terlihat baik-baik saja, mereka tuh cuma pakai topeng buat menutupi semua masalah mereka yang bahkan kita tuh ga pernah tau seberat apa masalah itu. Kadang juga ada orang yang mengabaikan tentang mental health dengan menganggap orang yang kena mental health itu baperan lah, emosian lah, padahal permasalah psikis itu ga boleh disepelekan loh.

Kalian bisa lihat banyak contoh di dunia artis, utamanya di korea selatan, banyak banget artis yang bunuh diri, karena apa? karena mereka itu terkena mental health yang tentunya ga boleh disepelekan. Mereka itu hanya butuh didampingi, didengarkan, dikuatkan agar mereka bisa bangkit lagi dari semua keterpurukan mereka. Sebenarnya orang yang bunuh diri itu ngga bener-bener mau mengakhiri hidup, cuma mereka itu ingin mengakhiri setiap permasalahan yang ada dalam hidup mereka, ITU AJA! Tapi banyak orang yang gak paham tentang itu. Orang yang sudah terkena mental health dan mereka menganggap permasalahan ini tuh ga akan selesai kalau mereka masih ada di dunia ini, maka jalan terakhir yang mereka ambil adalah mengakhiri hidup dengan cara BUNUH DIRI!

Hal ini memang terdengar gila, IT'S CRAZY!

But that's a fact! mereka ga mau mati, mereka hanya ingin semua masalah selesai. 

Jujur...

beberapa waktu ini aku juga mengalami hal yang sama, dalam hari-hariku aku bilang I wanna die..

aku udah ga kuat, ga ada orang yang bisa pahami aku, ga ada orang yang mengerti keadaan aku, buat apa aku hidup dan cuma jadi beban untuk mereka. 

The reason why I'm still alive adalah diriku sendiri. Aku mikir, aku masih punya mimpi yang harus aku gapai, aku mau membuktikan ke orang-orang bahwa aku bisa lebih baik, aku bisa jadi manusia yang berguna, dan dengan membuat diri kita dan menanamkan dalam diri kita bahwa kamu masih punya mimpi loh, kamu ga boleh mati dulu, maka seketika perasaan untuk mengakhiri hidup itu mulai terkikis. Aku jadi lebih fokus menggapai mimpi yang sudah aku bangun sekian lama. 

Kita harus bisa toleransi terhadap manusia, jangan pernah saling membuli dan menjatuhkan mental orang lain, karena kita ga tau seberapa hancur hati mereka. Jika kamu merasa hidupmu ga ada artinya, ketika sudah tidak ada orang yang mau mendengarkanmu, percayalah bahwa masih ada Tuhan yang akan selalu bersamamu, mendengarkanmu dan tak akan pernah meninggalkanmu. Ceritalah pada Tuhan, karna tuhan selalu punya solusi pada setiap permasalahanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Merubah Impian

Hai Guys udah lama banget aku ga nulis di blog. Sorry nih bukannya sombong, tapi memang aku lagi sibuk banget dengan segala realita kehidupa...